ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA CU LANTANG TIPO CABANG BALAI KARANGAN KABUPATEN SANGGAU

  • SYARIF AGUSSAID ALKADRIE STIE PONTIANAK

Abstract

Credit Union (CU) merupakan salah satu aliran gerakan koperasi di Indonesia. CU tumbuh subur di tanah Borneo. Koperasi simpan pinjam di Kalimantan Barat lebih dikenal dengan organisasi jasa keuangan credit union (CU). CU dalam kiprahnya memberikan jasa keuangan kepada anggotanya. Jasa keuangan yang diberikan di pasarkan dalam bentuk produk pinjaman dana atau kredit dan tabungan. Berdasarkan permasalah tersebut, tujuan penelitian sebagai berikut: untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Kualitas Layanan, Komitmen Dan Kepercayaan secara partial dan simultanTerhadap Loyalitas Anggota CU Lantang Tipo Cabang Balai Karangan Kabupaten Sanggau. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan  jumlah sampel yang akan diteliti adalah sebanyak 100 orang responden. Metode Analisa penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis.

Hasil analisa secara partial bahwa variabel bebas yaitu Kualitas Pelayanan (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota pada CU. Lantang tipo Cabang Balai Karangan, karena variabel karena thitung > ttabel = 4.683 > 1.986 dan nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 Maka Ha diterima, artinya secara parsial variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas anggota pada CU. Lantang tipo Cabang Balai Karangan.  Demikian juga melalui uji simultan (uji-F) dapat melihat dimana nilai F hitung lebih besar dari pada nilai F tabel (10,202 > 2,74) dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000. Atas dasar ini, maka hipotesis penelitian yang diajukan sebelumnya dapat diterima karena terbukti kebenarannya.

Published
2018-05-23