Analisis Budaya Kerja Pada Pada Instalasi Kapal Negara Distrik Navigasi Kelas Iii Pontianak

Authors

  • Maulana Filani Rizal Universitas Panca Bhakti
  • Adiyath Randy Yudi Mamase Politeknik Negeri Pontianak
  • Dami Dami Universitas Panca Bhakti Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.54526/jes.v9i1.271

Keywords:

Budaya kerja, Instalasi Kapal Negara, Distrik Navigasi

Abstract

Setiap instansi pasti memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, dengan demikian semua fungsi dan kegiatan yang dijalankan oleh instansi harus dikelola dan diarahkan dengan menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia secara optimal demi terciptanya tujuan dan sasaran tersebut.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Budaya Kerja yang berlaku pada kantor Instalasi Kapal Negara Distrik Navigasi Kelas III Pontianak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peranan budaya kerja dalam mendukung program kerja yang dilakukan oleh suatu isntansi sehingga bisa dicarikan formuylasi khusus untuk membuat suatu budaya kerja yang kondusif agar program pemerintah pusat bisa bersinergi dengan instansi terkait.

 Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan objek penelitian seluruh pegawai yang berada di kantor Instalasi Kapal Negara Distrik Navigasi Kelas III Pontianak termasuk yang non PNS. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa obesrvasi, wawancara dan kuisioner yang disebarkan terhadap seluruh pegawai sebanyak 30 orang responden yang kemudian data dikelompokkan menurut kriteria yang ada dan hasil masing-masing jawaban pertanyaan dijumlahkan, dari hasil penjumlahan tersebut ditentukan persentasenya dan diambil suatu kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh total  rata-rata skor sebesar 50,82 dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 2,82. Jadi berdasarkan perhitungan di atas dapat dikatakan bahwa budaya kerja padaInstalasi Kapal Negara Distrik Navigasi Kelas III Pontianak  masuk dalam kategori tinggi, dengan skor sebesar 2,82 berada pada rentang  2,51- 3,25.

 

Downloads

Published

2024-05-31