Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada Pt Telkom Di Kota Banda Aceh

Authors

  • Syaifan Shanny Faddy Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Fani Sartika Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Mirza Murni Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54526/jes.v10i1.409

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk IndiHome pada PT Telkom Banda Aceh serta faktor yang paling kecil dan dominan dalam memengaruhi pelanggan dalam melakukan keputusan pembelian tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah pelanggan produk IndiHome PT Telkom Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini adalah 383 orang responden. Data dikumpulkan melalui angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa nilai signifikasinya 0,00 < 0,05, artinya terdapat pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap terhadap keputusan pembelian produk Indihome pada PT. Telkom di Banda Aceh. Dapat diketahui pula bahwa  nilai beta  variabel Kualitas Produk (X1),  Harga (X2), dan Promosi (X3) adalah 0,326, 0,373 dan 0,210 maka yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk Indihome pada PT. Telkom di Banda Aceh adalah harga dengan nilai beta (koefisien) yang semakin menjauhi nol (0). Dan variabel yang paling kecil produk Indihome pada PT. Telkom di Banda Aceh adalah promosi.

Author Biographies

Syaifan Shanny Faddy, Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

Fani Sartika, Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

Mirza Murni, Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

Downloads

Published

2025-05-30