ANALISIS PROMOTION MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK KACAMATA TOKO OPTIK NASIONAL TANJUNG HULU PONTIANAK TIMUR

Penulis

  • Syarif Agussaid Alkadrie
  • Firman Ardy Wahyudi

DOI:

https://doi.org/10.54526/jes.v5i1.32

Abstrak

Kacamata merupakan perangkat optik yang terdiri dari lensa dan bingkai kacamata. Promosi adalah
untuk memberi informasi, membujuk, mengingatkan akan suatu produk. Dalam hal ini hendaknya
perusahaan merencanakan strategi promosi secara matang baik advertising, sales promotion, personal
selling, public relation, direct marketing sehingga meramaikan took-toko optik menarik minat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisispengaruh advertising, sales promotion, personal
selling, public relation, direct marketing terhadap penjualan Toko Optik Nasional Tanjung Hulu Pontianak
Timur. Penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif, jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 80 responden dari 460 konsumen sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Accidental Sampling.Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa
secara parsial variabel Periklanan berpengaruh signifikan terhadap penjualan dengan nilai koefisien sebesar
0,449 dapat diartikan adanya pengaruh positif karena periklanan menggunakan model periklanan lewat media
Media tampilan (billboard, papan iklan, poster).

Diterbitkan

2020-05-16